BANGUNAN KOTA MACAU

Senin, 17 April 2017

Sekilas Tentang Macau

Macau adalah sebuah wilayah di pesisir Selatan Republik Rakyat Tiongkok yang terbentuk setelah adanya penandatangan perjanjian antara Portugal dengan Tiongkok pada 20 Desember 1999. Bersama dengan Hong Kong, Macau adalah suatu wilayah dengan status sebagai Daerah Administratif Khusus yang berlaku hingga 20 Desember tahun 2049 atau 50 tahun setelah penandatanganan penyerahan kedaulatan. 
Macau Skyline

Sejarah Macau

Pelaut dari Fuji dan petani Guangdong dikenal sebagai orang-orang yang pertama kali menetap di Macau, yang pada saat itu di kenal dengan nama Ou Mun " Gerbang Perdagangan " karena lokasinya yang berada di hilir Sungai Pearl dari Guangzhou (Kanton). Menurut Sejarah, pelabuhan ini merupakan bagian dari " jalan sutra " yang ramai disinggahi oleh kapal - kapal yang memuat kain sutra dari Roma.



Bahkan setelah Cina tidak lagi menjadi pusat perdagangan dunia, Gangzhong yang Berjaya karena usaha kelautan dengan Negara - Negara Asia Tenggara, para pedagang local tetap menyambut dengan hangat para pedagang dan para penjelajah dari Portugis.
Setelah perang opium tahun 1841, Hong Kong diduduki Inggris dan kebanyakan  para pedagang asing meninggalkan Macau dan menjadikannya tempat yang sepi . Walaupun begitu Macau tepat menjadi sebuah eksistensi multi-daya dan memanfatkan bangunan bersejarah dalam kesehariannya sehingga menjadi tempat persinggahan yang favorit untuk wisatawan mancanegara, penulis ataupun seniman . Di zaman modern ini, Macau telah mengembangkan beberapa industri, tekstil, elektronik, dan mainan, juga membangun industri pariwisata yang berkelas dunia dengan banyak pilihan hotel,resor , fasilitas olahraga  , restoran dan kasino. Seperti di masa lampau, perekonomian Macau terkait erat dengan Hong Kong dan propinsi Guangdong, tepatnya pada derah delta sungai Pearl, yang dapat dikualifikasikan sebagai “Macan Kecil “ Asia. Macau memberi masa tunjangan finansial dan jasa perbankan, pelatihan, sarana transportasi dan telekomunikasi.
Sekarang ini , Macau adalah daerah istimewa(special administrative region) dari RRC dan seperti Hong Kong juga mendapat keuntungan dari prinsip “satu negera, 2 sistem.” Daerah istimewa kecil ini telah berkembang sejalan dengan bertambahnya bangunan dan tanah reklamasi, juga dalam keragaman atraksinya. Hal ini menjadikan Macau unik dengan perpaduan komunitas Timur dan Barat yang saling melengkapi sehingga menunjang peningkatan kunjungan wisatawan.

Pusat Sejarah Macau
"Pusat Sejarah Macau " merupakan saksi hidup sejarah berdirinya kota ini, meliputi warisan arsitektur yang menjalinkan keaslian kota dalam bentuk jalanan dan alun-alun, seperti:

1. A-Ma Temple


Kuil A-ma telah berdiri sebelum kota Macau dibangun. Kuil ini terdiri dari Gerbang Paviliun, the Memorial Arch, Aula doa, Aula Benevolence, Aula Guanyin, dan Zhenggijiao Chalin (pavilion Budha). Beragamnya pavilion yang dibuat dalam satu komplek ini dipersembahkan bagi keragaman pemeluk agamanya dan membuat kuil A-Ma sebagai contoh budaya China yang menghormati keragaman pemeluk agamanya dan membuat kuil A-Ma sebagai contoh budaya China yang menghormati keragaman agama, seperti Konfusius, Tao, Budha, dan beberapa kepercayaan lainnya.

2. Moorish Barracks

Dididrikan pada tahun 1874, dibangun untuk menampung tentara pemerintahan India dari Goa yang bertugas untuk memperkuat kepolisian macau. tempat ini sekarang menjadi kantor pusat administrative maritime. Barak Moorish ini merupakan bangunan bergaya neo - klasik yang memadukan pengaruh elemen arsitektur mongol.

3. Lilau Square

Dahulu mata air Lilau merupakan sumber mata air utama di Macau. Pepatah Portugis terkenal mengatakan: “siapapun yang pernah minum air Lilau tidak akan pernah melupakan Macau “ merupakan ungkapan betapa pentingnya Lilau Square bagi penduduk setempat dahulu. Daerah ini merupakan pemukiman pertama bangsa Portugis di Macau.

4. Mandarin’s House

Didirikan sebelum tahun 1869, rumah bergaya China ini merupakan tempat pemukiman tradisional tokoh sastrawan China terkenal Zheng Guanying. Pemukiman tradisional ini terdiri dari beberapa rumah berhalaman, menampilkan perpaduan gaya China dan barat yang dapat terlihat dalam pemakaian ornamen bata abu-abu dan jendela kayu bergaya China dengan panel-panel dari India yang ditaburi mutiara.

5. St.Laurence Church

Didirikan oleh kaum Jesuits pada abad ke16, merupakan salah satu dari 3 gereja tertua di Macau. Tampak bangunan dan bentuknya yang sekarang diperoleh sejak tahun 1846. Terletak disemenanjung bagian selatan Macau dengan pemandangan ke laut, para keluarga pelaut  Portugis biasanya berkumpul di depan pintu masuk gereja untuk berdoa dan menunggu para pelaut kembali, pada akhirnya diberi nama Feng Shun Tang (hall of the soothing winds). Penduduk disekeliling gereja ini dulunya cukup kaya dan ini terlihat dari ukuran bangunan dan kekayaan arsitektur gereja tersebut. Struktur bangunan neo-klasik dengan inspirasi baroque.

6. St.Joseph Seminary and Church
Didirikan pada tahun 1728, seminari tua bersama dengan St.Paul’s college merupakan pusat kantor pelaksanaan kerja para misionaris di China,Jepang dan sekitarnya. Seminari St.Joseph mengajarkan kurikulum akademis yang sejajar dengan universitas dan pada tahun 1800 ratu Portugis, Dona Maria I, memberi gelar kerajaan, yaitu “house of the mission congregation”. Bersebelahan dengan seminary, terdapat gereja St.Joseph yang didirikan pada tahun 1758, merupakan contoh arsitektur baroque di Cina, dan dicatat oleh UNESCO 2001 dan dipublikasikan sebagai ‘atlas mundial de la arquitectura barroca’.

7. St.Augustine Square
St.Augustine Square menyatukan beberapa gedung seperti gereja St.Augustine, teater dom pedro v, seminary St.Joseph dan perpustakaan Sir Robert Ho Tung. Jalan beraspal dengan batu bulat mempersatukan area tersebut dan merupakan cerminan jalan-jalan tradisional Portugis.

8. Dom Pedro v theatre
Dibangun pada tahun 1860 sebagai teater pertama bergaya barat di Cina dengan kapasitas tempat duduk untuk 300 orang, telah bertahan sebagai bangunan bersejarah penting bagi penduduk Macau dan emnjadi tempat acara perayaan-perayaan publik yang penting.

9. Sir Robert Ho Tung Library
                                        





Bangunan ini dibangun kembali sebelum tahun 1894 dan saat itu merupakan tempat tinggal Donna Carolina Cunha. Pelaku bisnis dari Hongkong, Sir Robert Ho tung membelinya pada tahun 1918 dan menggunakannya sebagai tempat berlibur. Beliau meninggal dunia pada tahun 1955 dan sesuai dengan wasiatnya, bangunan ini dipersembahkan kepada pemerintah Macau dan menjadikannya perpustakaan umum.

10. St.Augustine’s Church

Pertama-tama didirikan oleh Ordo Augustinian, Spanyol pada tahun 1591. Gereja ini tetap mempertahankan penyelenggaraan salah satu tradisi agama khatolik terkenalnya, Easter Procession (prosesi paskah), melibatkan ribuan penganutnya dengan menelusuri seluruh kota. Dahulu kala, pada saat hujan deras, para pastor memperkuat atap dengan daun pohon palem. Jika dilihat dari jauh, daun-daun ini terlihat seperti janggut naga diudara, sehingga para penduduk Cina setempat menamakannya “Long Song Miu” (kuil naga berjanggut panjang).





Sumber: :
https://yupyupzone.wordpress.com/2013/02/25/sejarah-singkat-kota-maca


KOTA SHENZHEN - CHINA

Senin, 03 April 2017

KOTA SHENZHEN, CHINA

Shenzen merupakan nama sebuah kota di RRC yang terletak dibagian Tenggara, tepatnya di provinsi Guandong, China. Pada tahun 2004 kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 6 juta jiwa dengan luas wilayah 2.020 km². Kota ini terdiri dari 6 Kabupaten level-divisi yang letaknya tidak jauh dari perbatasan Hong Kong, maka tidak heran banyak warga Shenzen yang berlibur ke Hong Kong begitupun sebaliknya.

" Sebuah Kota tidak akan pernah selesai dan tidak akan pernah sempurna. " Zahnd
Kutipan diatas merupakan bentuk gambaran dari kota Shenzen yang merupakan salah satu kota metropolitan di Provinsi Guangdong, China. Menurut Sejarah, dahulunya kota Shenzhen hanyalah sebuah desa nelayan yang biasa bahkan merupakan suatu desa miskin pada tahun 1970, dimana sebagian penduduknya hanya bermata pencaharian sebagai nelayan. Keadaan ini sangat jauh berbeda dengan kota tetangganya yaitu Hong Kong yang merupakan sebuah kota metropolis karena dahulunya Hong Kong termasuk ke dalam Kolonial Inggris yang modern.
Namun sekarang Kota Shenzhen menjadi kota yang luar biasa. Kta tersebut mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga menjadi salah satu kota Industri di China. Dimulai dengan kota Shenzen yang dikembangkan menjadi Daerah Ekonomi Khusus (DEK) atau Zona Economic Khusus (Special Economic Zone) pada awal tahun 1980an. karena sebab ketimpangan kemajuan ekonomi yang terjadi antara Hong Kong dan China, maka kini kota tersebut berubah menjadi Kota Industri yang kemajuannya sangat pesat di China dan sekaligus sebagai kota tujuan wisata di China selain Beijing dan Shanghai.

Shenzen Now

Berikut empat - tempat wisata di Shenzhen:
1. Windows Of the World

Windows Of the World merupakan salah satu taman hiburan yang paling terkenal di Shenzen. Di tempat ini wisatawan dapat melihat berbagai bangunan - bangunan terkenal di seluruh dunia, diantaranya menara Eiffel, London Bridge, Mount Fuji of Japan, Candi Borobudur, dan berabgai bangunan - bangunan terkenal di Dunia lainnya.

2. Shenzhen Grand Theater

Shenzhen Grand Theater merupakan gedung megah yang berdiri di tengah - tengah kota Shenzhen. Gedung ini merupakan gedung multi fungsi yang digunakan untuk berbagai macam acara pertunjukan dan d\festival yang ada di Shenzhen. Tujuan didirikannya Theater di Shenzhen ini adalah sebagai langkah untuk melestarikan budaya Cina.

3. Kuil Tian Hou

Kuil Tian Hou merupakan tempat pemujaan bagi Dewi Laut. Kuil ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang ada di Shenzhen. Pemandangan unik disekitar Kuil ini adalah pengunjung dapat melihat pohon dengan kain - kain merah yang diikatkan pada ranting - ranting pohon tersebut. Pohon tersebut merupakan Pohon Pengharapan yang dipercaya dapat mengabulkan keinginan mereka.

4. Happy Valley

Happy Valey merupakan tempat rekreasi keluarga yang sangat lengkap, terdapat berbagai wahana dan permainan seru yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berbagai wahana di desain dengan tema yang unik dan berbeda - beda. Wahan bermain di Happy Valley ini antara lain yaitu Roller Coaster, Biang Lala, Isatan Suku Maya, Shangrai-la World, dan wahan bermain lainnya.

5. Hongfa Temple Shenzhen

Hongfa Temple Shenzhen merupakan tempat ibadah kepercayaan umat Budha. Di Hongfa Temple para pemeluk agama Budha mempraktekkan nilai-nilai agama mereka, sehingga mereka hidup rukun dan sejahtera.
6. Dongmen Commercial City
Dongmen Commercial City merupakan kawasan perbelanjaan yang menyediakan berbagai toko mewah yang menjual aneka barang-barang seperti barang elektronik, pakaian, hingga suvenir khas Cina.

7. Pantai Xichong

Pantai Xichong merupakan pantai yang memiliki pemandangan yang indah, pantai ini terletak di Distrik Longgang, Shenzhen. Pantai Xichong mulai dikenal oleh masyarakat luas karena lokasinya yang menghadap ke laut Cina dan merupakan pantai yang bagus untuk berselancar. Pantai Xichong juga masuk ke dalam 10 tempat terindah di Cina versi National Geographic.

8. MixC Shopping Mall
MixC Shopping Mall merupakan tempat belanja terbesar dan teramai yang ada di kota Shenzhen. Di MixC Shopping Mall menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian, aksesoris, dengan berbagai merek terkenal. Mall mewah ini memiliki tempat yang sangat luas, yang didalamnya terdapat bioskop, ice skating arena, food court, dan lain sebagainya.

9. Nanao Bay (Teluk Nanao)

Nanao Bay (Teluk Nanao) terletak di kota Shenzhen, China tepatnya di semenanjung Dapeng. Tempat ini memiliki sejuta pesona dan pemandangannya yang begitu indah. Teluk Nanao dikelilingi oleh kawasan perbukitan yang hijau dan juga rumah makan atau restoran yang menyajikan makanan seafood segar khas Teluk Nanao.




SUMBER:



GARDEN OF STARS - HONGKONG

GARDEN OF STARS, HONGKONG



Garden of stars dibuka pada 15 November 2015. Bersama dengan Starry Galeri dekat dengan stasiun East TST adalah untuk menggantikan “Avenue of Stars”. Avenue of stars ditutup pada 8 Oktober 2015 untuk perbaikan dan akan dibuka kembali setelah 3 tahun sampai akhir 2018. Namun, beberapa patung yang paling populer dan cetakan tangan telah dipindahkan ke Tsim Tsa Tsui East Waterfront Podium Garden (sekarang sementara di Garden of Stars). Siapapun yang ingin mengunjungi Avenue of Stars dapat berkunjung ke tempat baru untuk mengambil foto dengan Bruce Lee seorang actor terkenal, McDull, Anita Mui, dan banyak bintang film local lainnya.


Patung dari Movie Star

Patung yang paling populer di Avenue of Stars ialah patung Bruce Lee. Sekarang patung ini berdiri di tengah kebun.
Di sebelah patung Bruce Lee terdapat patung dari pemain film Anita Mui.


Dan di bagian pintu masuk terdapat patung dari karakter kartun terkenal yaitu McDull.


Patung dari Film Profesi tentang Garden of Stars

Tepat di pintu masuk Garden of Stars terdapat beberapa patung terkait Film set tambahan (ketua sutradara film, kamera dan sound engineer serta teknisi pencahayaan) memberikan beberapa kesan foto yang bagus dengan pemandangan megah Victoria Harbour langit Hongkong sebagai latar belakang. Patung-patung ini juga dulunya berada di Avenue of Stars sebelum dipindahkan ke Garden of Stars.


Cetakan Tangan dari Movie Star di Garden of Stars

Di tengah Garden of Stars dapat ditemukan sekitar 20 cetakan tangan dari beberapa bintang  Hongkong dan China yang paling terkenal seperti artis, penyanyi, dan bintang film seperti cetakan tangan dari Aaron Kwok Fu Shing, Leon Lai Ming, Simon Yam Tat Wah, Carina Lau Ka Ling, Nicholas Tse, Louis Koo, Kara Wai Ying Hung, Deanie Ip, Gong Li, Lau Ching Wan, Sylvia Chang, dan masih banyak yang lainnya. Menariknya, salah satu seni bela diri paling populer di Hongkong dan actor Jackie Chan belum ditampilkan sementara di Garden OF Stars.


Pameran “Starlight Cinema”

Tepat di belakang pameran cetakan tangan yaitu pameran “Starlight Cinema”. Mural kartun besar dengan panjang 63 meter menyoroti beberapa bintang film lain Hongkong dan menafsirkan beberapa adegan film yang paling berkesan dengan serangkaian ilustrasi kreatif. Menampilan 17 adegan klasik dengan 43 karakter dari film yang diakui populer dan banyak seperti “A Better Tomorrow”, “In The Mood For Love”, “Internal Affairs” yang dapat ditemukan disini. Dengan ini kita dapat mengenali beberapa adegan film Hongkong.


Selain itu, ada beberapa tiang lampu di Garden of Stars yang dihiasi dengan kutipan film terkenal sementara jembatan menghubungkan taman podium dengan Tsim Sha Tsui Waterfront Promenade.







SUMBER:


PENGENALAN HONGKONG

PENGENALAN TENTANG HONGKONG




Terletak di pantai tenggara China, Hong Kong adalah lokasi yang strategis dan terletak di Pearl River Delta dan Laut China Selatan yang membuatnya menjadi salah satu kota yang paling kosmopolitan dan paling maju di dunia.
Hong Kong seperti yang kita tahu sekarang lahir saat pemerintahan Dinasti Qing kalah dalam Perang Opium Pertama tahun 1842, dan menyerahkan Hong Kong ke tangan Inggris. Dalam 60 tahun, Kowloon, The New Teritories dan 235 pulau terluar lainnya juga disewakan kepada Inggris, namun sejarah  di tanah yang luasnya  lebih  dari 1100 kilometer persegi ini yang menempati peristiwa-peristiwa yang terjadi selama lebih dari 100 tahun di zaman Dinasti Qing. Dan, ketika Anda menjelajahi beragam warisan di kota ini, Anda akan menemukan kisah-kisah dari suku yang kuat, perompak,perampok dan pedagang Eropa.
Di hari-hari awal koloni Inggris, Hong Kong menjadi pusat perdagangan internasional. Pada tahun-tahun pergolakan di abad 20, populasi kota didukung dari pengungsi-pengungsi yang kebanyakan berasal dari China. Kedatangan imigran dalam jumlah besar ini membantu Hong Kong dan memiliki peran baru sebagai pusat manufaktur. Hal ini juga memberi pertumbuhan ekonomi, energi dan industri ke kota. Karena dalam beberapa dekade terakhir ekonomi daratan China mengalami proses ekonomi keterbukaan yang menjadikan Hong Kong memiliki ekonomi yang kuat dan berbasis pada jasa dan menjadi pintu gerbang penting bagi  pasar terbesar dunia.

Bahasa
Bahasa penduduk HK sehari-hari adalah bahasa Kantonis (Cantonese), bahasa China asal Provinsi Guangdong hingga utara HK. Inggris juga menjadi bahasa resmi dan menurut sensus tahun 1996 digunakan oleh 3,1% penduduk dalam pergaulan sehari-hari dan oleh 34.9% penduduk sebagai bahasa kedua. Bahasa Mandarin juga mulai banyak digunakan seiring meningkatnya imigran dari Cina daratan ke HK.

Agama
Kebebasan beragama berlaku di Hong Kong, dilindungi oleh “Basic Law of Hong Kong”. Sekitar 90% penduduk menganut agama Budha (utamanya Chinese Mahayana), Confucianism, dan Taoism. Agama Kristen dianut sekitar 600,000 atau 8% dari total penduduk. Ada juga penganut Sikh, Muslim, Yahudi, Hindu, dan komunitas Bahá’í.

Iklim
Hong Kong merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki empat musim: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.
·         Musim Semi: Maret s.d. Pertengahan Mei, suhu rata-rata 23 derajat Celcius.
·         Musim Panas: Akhir Mei s.d. Pertengahan September, suhu rata-rata 28 – 33 derajat Celcius.
·         Musim Gugur: Akhir September s.d. Awal Desember, suhu rata-rata 23 derajat Celcius.
·         Musim Dingin: Pertengahan Desember s.d. Februari, suhu rata-rata 17 derajat Celcius.

Arsitektur
Menurut Emporis, ada 1.233 gedung pencakar langit di Hong Kong, menempatkan kota ini sebagai kota dengan pencakar langit terbanyak di dunia. Kepadatan penduduk yang tinggi ini disebabkan karena semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia, dan jarak rata-rata antara tepi pantai dengan pegunungan curam di Pulau Hong Kong berkisar 1.3 km (0.81 mi), banyak juga diantaranya dari tanah reklamasi. Kekurangan lahan ini menyebabkan berdirinya kantor-kantor dan perumahan tingkat tinggi. 36 dari 100 bangunan tempat tinggal tertinggi dunia ada di Hong Kong. Lebih banyak penduduk Hong Kong yang tinggal atau bekerja di lantai 14 atau lebih, menjadikannya kota paling vertikal di dunia.
Sebagai akibat dari kekurangan lahan dan permintaan konstruksi, sedikit gedung tua yang tersisa, dan kota ini menjadi pusat arsitektur modern. International Commerce Centre (ICC), dengan ketinggian 484 m (1,588 ft), adalah gedung tertinggi di Hong Kong dan ketiga tertinggi di dunia. Gedung tertinggi sebelum ICC adalah Two International Finance Centre, dengan ketinggian 415 m (1,362 ft). Gedung lain yang terkenal adalah Gedung kantor pusat HSBC Hong KongCentral PlazaThe CenterA Symphony of Lights dan Menara Bank of China. Pemandangan Hong Kong juga sering disebut sebagai yang terbaik di dunia, dengan sekelilingnya pegunungan dan Pelabuhan Victoria. Kebanyakan gedung tertua yang tersisa, seperti Tsim Sha Tsui Clock TowerCentral Police Station, dan sisa-sisa Kowloon Walled City dibangun pada abad ke-19 dan awal abad 20.

Ada banyak pembangunan yang sedang dilakukan, termasuk pembangunan gedung-gedung pemerintah baru, pembangunan ulang waterfront di Central, dan beberapa proyek di Kowloon Barat. Banyak pengembangan baru diarahkan ke sisi lain Pelabuhan Victoria di Kowloon, semenjak penutupan Bandara Kai Tak tahun 1998. Urban Renewal Authority aktif dalam menghancurkan kawasan tua, termasuk pembangunan ulang kawasan Kwun Tong, pendekatan yang dikritisi karena dampaknya pada identitas budaya dan masyarakat berpenghasilan menengah bawah.





SUMBER:


Enjoy my world, guys
Diberdayakan oleh Blogger.