IBD: TUGAS III

Jumat, 26 Juni 2015

Nama   : Winda Setianingsih
Kelas    : 1TB03
NPM     : 2C314267

1.            Kompetensi Dasar apa yang ingin dicapai setelah belajar IBD?
Jawab:  
Kompetensi dasar yang ingin dicapai setelah belajar IBD yaitu dapat memiliki pemikiran yang kritis, kreatif, serta rasa peduli terhadap budaya-budaya  di Indonesia yang berbeda-beda. Dasar-dasar pembelajaran Ilmu Budaya Dasar memberikan wawasan yang sangat penting sehingga membuat kita mampu bersikap bijaksana  dan peka terhadap masalah-masalah budaya yang ada di Indonesia serta memahami keanekaragaman budaya di Indonesia. Akan sangat berguna di kehidupan bermasyarakat karena manusia bukan makhluk individu yang dapat hidup sendiri melainkan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan manusia yang lainnya. Jadi, konsep dasar ilmu budaya ini digunakan sebagai alat bagi pendekatan dan pemecahan masalah yang timbul dan berkembang dalam masyarakat sehingga memberikan alternatif sudut pandang atas pemecahan masalah sosial budaya di masyarakat.

2.             Apa pendapat kalian tentang perbedaan suku-suku yang ada di Indonesia dapat bersatu menjadi suatu kesatuan yang disebut Bhinneka Tunggal Ika yang menjadi dasar Negara Indonesia?
Jawab:
         Dasar Negara merupakan pondasi dari suatu Negara. Jika suatu Negara tidak memiliki dasar Negara, maka runtuhlah Negara tersebut. Indonesia memiliki dasar Negara yaitu “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia adalah negara yang mempunyai adat yang sangat beragam. Tentu akan timbul perbedaan yang bisa menimbulkan konflik. Tapi, apabila warga Indonesia saling menghargai perbedaan ini, Indonesia masih bisa bersatu sesuai dengan dasar Negara Indonesia yaitu “Bhinneka Tunggal Ika”. Dengan adanya perbedaan kita akan saling bersatu karena bangsa Indonesia memiliki rasa hormat kepada satu sama lain, walaupun berbeda agama, kekayaan, warna kulit, suku, dan adat istiadat  masing-masing.

3.            Manakah yang benar. Kebudayaan adalah produk manusia atau manusia adalah produk kebudayaan. (Jelaskan)
Jawab:

          Kebudayaan adalah produk manusia. Karena kebudayaan diciptakan oleh manusia seiring berkembangnya zaman. Setelah budaya tercipta, maka manusia harus mentaati kebiasaan atau budaya tersebut sehingga kedepannya menciptakan manusia-manusia yang berbudaya. 
Enjoy my world, guys
Diberdayakan oleh Blogger.