Senin, 03 April 2017

PENGENALAN HONGKONG

PENGENALAN TENTANG HONGKONG




Terletak di pantai tenggara China, Hong Kong adalah lokasi yang strategis dan terletak di Pearl River Delta dan Laut China Selatan yang membuatnya menjadi salah satu kota yang paling kosmopolitan dan paling maju di dunia.
Hong Kong seperti yang kita tahu sekarang lahir saat pemerintahan Dinasti Qing kalah dalam Perang Opium Pertama tahun 1842, dan menyerahkan Hong Kong ke tangan Inggris. Dalam 60 tahun, Kowloon, The New Teritories dan 235 pulau terluar lainnya juga disewakan kepada Inggris, namun sejarah  di tanah yang luasnya  lebih  dari 1100 kilometer persegi ini yang menempati peristiwa-peristiwa yang terjadi selama lebih dari 100 tahun di zaman Dinasti Qing. Dan, ketika Anda menjelajahi beragam warisan di kota ini, Anda akan menemukan kisah-kisah dari suku yang kuat, perompak,perampok dan pedagang Eropa.
Di hari-hari awal koloni Inggris, Hong Kong menjadi pusat perdagangan internasional. Pada tahun-tahun pergolakan di abad 20, populasi kota didukung dari pengungsi-pengungsi yang kebanyakan berasal dari China. Kedatangan imigran dalam jumlah besar ini membantu Hong Kong dan memiliki peran baru sebagai pusat manufaktur. Hal ini juga memberi pertumbuhan ekonomi, energi dan industri ke kota. Karena dalam beberapa dekade terakhir ekonomi daratan China mengalami proses ekonomi keterbukaan yang menjadikan Hong Kong memiliki ekonomi yang kuat dan berbasis pada jasa dan menjadi pintu gerbang penting bagi  pasar terbesar dunia.

Bahasa
Bahasa penduduk HK sehari-hari adalah bahasa Kantonis (Cantonese), bahasa China asal Provinsi Guangdong hingga utara HK. Inggris juga menjadi bahasa resmi dan menurut sensus tahun 1996 digunakan oleh 3,1% penduduk dalam pergaulan sehari-hari dan oleh 34.9% penduduk sebagai bahasa kedua. Bahasa Mandarin juga mulai banyak digunakan seiring meningkatnya imigran dari Cina daratan ke HK.

Agama
Kebebasan beragama berlaku di Hong Kong, dilindungi oleh “Basic Law of Hong Kong”. Sekitar 90% penduduk menganut agama Budha (utamanya Chinese Mahayana), Confucianism, dan Taoism. Agama Kristen dianut sekitar 600,000 atau 8% dari total penduduk. Ada juga penganut Sikh, Muslim, Yahudi, Hindu, dan komunitas Bahá’í.

Iklim
Hong Kong merupakan salah satu negara di Asia yang memiliki empat musim: musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.
·         Musim Semi: Maret s.d. Pertengahan Mei, suhu rata-rata 23 derajat Celcius.
·         Musim Panas: Akhir Mei s.d. Pertengahan September, suhu rata-rata 28 – 33 derajat Celcius.
·         Musim Gugur: Akhir September s.d. Awal Desember, suhu rata-rata 23 derajat Celcius.
·         Musim Dingin: Pertengahan Desember s.d. Februari, suhu rata-rata 17 derajat Celcius.

Arsitektur
Menurut Emporis, ada 1.233 gedung pencakar langit di Hong Kong, menempatkan kota ini sebagai kota dengan pencakar langit terbanyak di dunia. Kepadatan penduduk yang tinggi ini disebabkan karena semakin sedikitnya lahan kosong yang tersedia, dan jarak rata-rata antara tepi pantai dengan pegunungan curam di Pulau Hong Kong berkisar 1.3 km (0.81 mi), banyak juga diantaranya dari tanah reklamasi. Kekurangan lahan ini menyebabkan berdirinya kantor-kantor dan perumahan tingkat tinggi. 36 dari 100 bangunan tempat tinggal tertinggi dunia ada di Hong Kong. Lebih banyak penduduk Hong Kong yang tinggal atau bekerja di lantai 14 atau lebih, menjadikannya kota paling vertikal di dunia.
Sebagai akibat dari kekurangan lahan dan permintaan konstruksi, sedikit gedung tua yang tersisa, dan kota ini menjadi pusat arsitektur modern. International Commerce Centre (ICC), dengan ketinggian 484 m (1,588 ft), adalah gedung tertinggi di Hong Kong dan ketiga tertinggi di dunia. Gedung tertinggi sebelum ICC adalah Two International Finance Centre, dengan ketinggian 415 m (1,362 ft). Gedung lain yang terkenal adalah Gedung kantor pusat HSBC Hong KongCentral PlazaThe CenterA Symphony of Lights dan Menara Bank of China. Pemandangan Hong Kong juga sering disebut sebagai yang terbaik di dunia, dengan sekelilingnya pegunungan dan Pelabuhan Victoria. Kebanyakan gedung tertua yang tersisa, seperti Tsim Sha Tsui Clock TowerCentral Police Station, dan sisa-sisa Kowloon Walled City dibangun pada abad ke-19 dan awal abad 20.

Ada banyak pembangunan yang sedang dilakukan, termasuk pembangunan gedung-gedung pemerintah baru, pembangunan ulang waterfront di Central, dan beberapa proyek di Kowloon Barat. Banyak pengembangan baru diarahkan ke sisi lain Pelabuhan Victoria di Kowloon, semenjak penutupan Bandara Kai Tak tahun 1998. Urban Renewal Authority aktif dalam menghancurkan kawasan tua, termasuk pembangunan ulang kawasan Kwun Tong, pendekatan yang dikritisi karena dampaknya pada identitas budaya dan masyarakat berpenghasilan menengah bawah.





SUMBER:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar